TNI AL Sinergi Buddha Tzu Chi Gelar Vaksinasi di Rorotan

oleh

Jakarta, 18 Agustus 2021 — TNI Angkatan Laut (TNI AL) sinergitas dengan Yayasan Buddha Tzu Chi menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 dan bantuan sosial kepada masyarakat di wilayah Rorotan yang mengikuti vaksinasi massal bertempat di Kantor Kelurahan Rorotan, Jakarta Utara, Rabu (18/8).

Kerjasama TNI AL dengan Yayasan Buddha Tzu Chi ini tidak hanya di Rorotan saja rencananya akan ke wilayah-wilyah lain yang memerlukan. Pada kesempatan ini Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., didampingi Juliadi dari Tim Tanggap Darurat Buddha Tzu Chi seusai meninjau kegiatan vaksinasi secara simbolis memberikan bantuan sosial kepada petugas makam di Rorotan dan mayarakat Rorotan yang telah divaksin.

Kasal menjelaskan mengajak Yayasan Buddha Tzu Chi dalam kegiatan serbuan vaksinasi masyarakat maritim ini, karena yayasan ini merupakan sebuah organisasi yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan dan pernah membantu dalam kegiatan penanganan Covid-19 waktu di pulau Sebaru.

Dihadapan media Kasal menjelaskan bahwa TNI AL dan Buddha Tzu Chi melaksanakan vaksinasi Covid-19 di Rorotan ini mengingat di wilayah ini pelaksanaan vaksinasi saat ini masih mencapai 60%. Target vaksinasi sebanyak 600 orang dengan rincian 400 dosis Sinovac dan 200 dosis Astrazaneca. “Kita menargetkan pemberian vaksin kepada 600 orang, namun tidak menutup kemungkinan kalau masih kurang karena antusias masyarakat meningkat, kita telah menyediakan 1.500 dosis” ujar Kasal.

TNI AL melaksanakan serbuan vaksinasi tersebut sesuai dengan instruksi Bapak Presiden dan Panglima TNI untuk bersama-sama melaksanakan percepatan penanganan Covid-19. TNI AL melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat maritim sejak 23 Juni 2021 dan telah mengerahkan seluruh kesatuan di jajarannya dari Sabang sampai Merauke terutama menyasar daerah-daerah yang masih minim vaksinasi. “Saya perintahkan untuk melaksanakan serbuan vaksinasi pada masyarakat maritim, tetapi karena masyarakat pesisir dan pulau-pulau sudah tercapai, kini TNI AL menyasar daerah-daerah yang belum tercapai” pungkasnya.

Beberapa prioritas yang telah dan akan terus dilaksanakan TNI AL yakni, serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim, menyediakan ketersediaan suplai oksigen, membuat dapur umum, menyediakan ruang atau tempat perawatan dan menyumbang darah dengan menyelenggarakan donor darah khususnya plasma konvalesen.

Berkaitan dengan suplai oksigen, TNI AL telah mengerahkan beberapa kapal perang yakni KRI dr. Soeharso-990 dan KRI Semarang-594. Khusus KRI Semarang-594 yang saat ini telah memenuhi kebutuhan oksigen di Bangka Belitung kemudian akan bergeser menuju ke Dumai karena adanya kelangkaan oksigen oleh masyarakat di wilayah Dumai. Menyikapi hal ini TNI AL telah menyiapkan dua kapal tambahan jenis Frosch yaitu KRI Teluk Manado-537 dan KRI Teluk Hading-538 yang saat ini sudah siap mendukung pemenuhan kebutuhan oksigen apabila ada permintaan dari pemerintah daerah.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.